Berbagai Istilah dalam dunia Blogger

Berbagai Istilah dalam dunia Blogger || ...
Jika anda sudah atau akan menggeluti dunia blogger? Anda pasti tidak asing dengan berbagai macam istilah dalam dunia blogger yang akan coba saya jabarkan di bawah ini.

Berbagai Istilah dalam dunia Blogger


Mengenai Blog

Apa itu Blog? Blog (weblog) adalah aplikasi yang berbentuk tulisan, dimana setiap pengguna bisa berbagi berbagai macam tulisan atau ideologi yang dimilikinya di sana (terkadang juga masuk kategori video dan gambar).

Apa itu Blogger? Setiap pengguna blog (weblog apa saja) akan mendapat sebutan blogger; yang artinya, blogger adalah orang yang melakukan aktivitas blog (blogging).

Apa itu Blog Zombie? Blog Zombie adalah blog yang sudah mati atau dihapus. Namun, karena sifat dari blogspot itu sendiri bisa dihidupkan (didaftarkan) kembali setelah dihapus, maka disebutlah dengan sebutan Blog Zombie (Blog yang mati, kemudian dihidupkan lagi).

Apa itu Blog Dummy? Blog Dummy adalah Blog Zombie yang dimanfaatkan sebagai blog penunjang traffik untuk blog utama.

Apa itu Mastah? Mastah adalah sebutan untuk seorang blogger yang sudah berpengalaman. Entah bagaimana cara membuktikan seorang blogger itu berpengalaman? Dalam hal ini, jangka waktu mendaftar terkadang bukanlah patokan (patokannya mungkin lebih ke pengalaman atau tingkatan ilmu).

Apa itu Newbie? Dalam dunia apa saja (seringnya dalam dunia game), Newbie adalah sebutan untuk user/anggota yang baru. Dalam dunia blog, hal ini diartikan blogger pemula. Pengertian ini, tentunya berasal dari istilah kata NewBie itu sendiri.

Apa itu Traffik? Traffik (sering juga disebut juga dengan visitor atau pengunjung) adalah orang yang singgah ke dalam blog/posting.

Apa Itu Niche? Niche (Niche Blog) adalah topik yang dibahas oleh blogger. Dalam hal ini lebih ke topik yang tersudut untuk seluruh artikel. Tentu saja, untuk memilah niche blog, anda harus melihat secara keseluruhan artikel yang dibahas dalam blog tersebut.


Mengenai Domain dan Template

Apa itu Domain? Domain adalah link (alamat situs) untuk halaman utama. Contoh: Google.com, dan Sepenuhnya.com.

Apa itu Sitemap? Sitemap (peta situs) adalah kumpulan link yang berada di dalam sebuah domain. Misalnya: https://www.sepenuhnya.com/sitemap.xml

Apa itu Hosting? Hosting adalah tempat atau jasa internet yang bertugas untuk membuat blog/situs bisa diakses melalui jaringan internet. Semisal Blogger.com; yang memberikan hosting kepada setiap penggunanya (walau beberapa pengguna tidak menyadarinya).

Apa itu Template? Template adalah desain tampilan blog. Jika anda baru memulai sebuah blog, anda tidak perlu susah-susah memikirkan mengenai tampilan blog. Silahkan pesan web desain di sini.

Apa itu HTML? HTML (Hyper Text Markup Language) adalah salah satu bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

Apa itu Widget? Widget adalah fitur tambahan untuk memperindah atau mempercantik tampilan situs.

Apa itu Javascript? Javascript adalah bahasa pemograman yang mampu membuat tampilan blog terlihat lebih hidup. Namun, terkadang bisa membuat blog terasa berat loading. Tergantung pada seberapa banyak dipakai. Untuk sekarang ini, sebaiknya jangan digunakan.

Sebenarnya masih banyak hal yang memusingkan di dalam pembahasan istilah-istilah yang digunakan di dalam template. Kita bahas di dalam kolom komentar saja (hal ini untuk memperpendek tulisan, yang memang sudah sangat panjang ini, haha).


Mengenai Tulisan

Apa itu Post? Post (sering disebut juga dengan postingan, artikel atau konten) adalah rangkaian kalimat yang dibagikan oleh blogger di dalam blog miliknya. Terkadang bisa saja berupa Gambar atau Video atau gabungan.

Apa itu Duplicate Content? Duplicate Content (konten duplikat) adalah tulisan/konten yang sama dengan tulisan/konten orang lain.

Apa itu Ping? Ping (ping blog atau ping artikel) adalah cara untuk memberitahukan Mesin Pencarian agar melakukan Crawl (perayapan) terhadap blog. Hal ini, lebih ke untuk memberitahukan Mesin Pencarian bahwa blog kita sudah melakukan update.

Apa itu Spam? Spam adalah sebuah kata yang tidak sengaja diciptakan dengan tujuan untuk mengatakan bahwa sesuatu tidak berada pada tempatnya. Misalnya kita berbicara tentang blog, seseorang datang memberi komentar membicarakan tentang istrinya (tentu saja itu sangat berlawanan dengan topik). Spam bisa juga untuk mengisyaratkan tentang sesuatu yang dilakukan secara terus menerus.

Dalam dunia blog, Spam sering diartikan kepada komentar yang tidak bertujuan untuk mengomentari; atau lebih ke ingin menyebar backlink.

Apa Itu OOT? Kata ini, mungkin masih jarang digunakan di dalam dunia blogger. Namun, sekedar pengetahuan saja, OOT (Out of Topic) adalah istilah yang digunakan untuk mengatakan bahwa seseorang telah membicarakan sesuatu yang keluar dari topik yang sedang dibicarakan.


Mengenai Link

Apa Itu Link? Link adalah alamat dari halaman/blog/konten.

Apa Itu Backlink? Backlink adalah link yang berada di dalam sebuah blog, baik itu di dalam template, widget, atau konten. Berdasarkan cara membuatnya, backlink dibagi ke dalam beberapa sebutan, misalnya: Live Link, Dofollow, Nofollow, Link In, Link Out, dan sebagainya.

Apa itu Live Link? Live Link (link hidup) adalah link yang digunakan menggunakan Anchor Text, yang mana jika kita melakukan klik terhadap Anchor Text tersebut, maka kita akan diarahkan ke dalam halaman lain.

Jika ada sebutan live link? Apa ada juga sebutan untuk link mati? Tentu saja. link mati adalah link yang tidak menggunakan Anchor Text dan tidak bisa diklik.

Apa Itu Dofollow? Dofollow (dofollow link) adalah link yang akan di-crawl oleh Mesin Perayapan Search Engine.

Apa Itu Nofollow? Nofollow (nofollow link) adalah link yang tidak akan di-crawl oleh Mesin Perayapan Search Engine.

Apa Itu Blogroll? Nama lain dari BlogRoll adalah partner blog, blog teman, blog sahabat, atau apalah istilahnya (tentu saja setiap orang memiliki cara sendiri untuk menyebutnya). Yang pastinya, Blogroll adalah konten yang berisikan kumpulan link milik teman (musuh, eh).


Mengenai Kualitas Blog

Apa itu Page Rank? Pagerank adalah perangkingan yang dilakukan oleh Google berdasarkan kualitas tulisan atau kualitas backlink atau lain sebagainya.

Apa itu Alexa Rank? Alexa adalah perangkingan blog yang dilakukan oleh Alexa.com. Alexa mengukur rank tersebut berdasarkan traffik blog. Untuk saat ini, angka 1 masih dipegang Google.com.

Apa itu PA? PA (Page Authority) adalah perangkingan yang dilakukan oleh Moz.com terhadap situs/link berdasarkan backlink, traffik dan hal lainnya.

Mengenai SEO

Apa Itu SEO? SEO (Search Engine Optimizition) adalah optimasi yang dilakukan oleh blogger untuk mendongkrak peringkat/posisi kontennya di Mesin Pencarian.

Apa itu Whitehat? Whitehat adalah optimasi yang dilakukan oleh blogger untuk mendongkrak peringkat/posisi kontennya di Mesin Pencarian dengan cara yang benar.

Apa itu Blackhat? Secara umum, blackhat adalah optimasi yang dilakukan oleh blogger dengan tujuan untuk mengelabui Mesin Pencarian (atau bisa juga mengelabui  pengunjung).

Apa Itu Keyword? Keyword (kata kunci) adalah kata yang digunakan untuk mencari sesuatu di Search Engine.

Apa Itu SERP? SERP (Search Engine Result Page) adalah hasil yang ditampilkan oleh Mesin Pencarian setelah anda mengetik keyword.


Cukup sekian dulu pembahasan Berbagai Istilah dalam dunia Blogger. Saya sangat sadar, masih terlalu banyak yang belum saya sebutkan. Namun, untuk kelengkapan dari artikel ini, silahkan bantu saya melengkapinya di kolom komentar (baik itu berupa kritik dan saran atau memang sebuah pertanyaan). Semoga tulisan ini bermanfaat, terimakasih sudah memilih membaca di sepenuhnya.com.
© Sepenuhnya. All rights reserved.